Sunday, October 30, 2011

E-Commerce Dell

BAB I

Organization Profile

1.1 Sejarah Perusahaan

Dell Didirikan pada tahun 1984 oleh Michael Dell. Awal mula berdirinya perusahaan dimulai dari ketika dia masih seorang mahasiswa di Texas University di Austin, dia mendirikan sebuah perusahaan PC's Limited dengan modal awal $1000. Perusahaan yang pada awalnya dijalankan dari luar area kampus tepatnya di sebuah kamar asrama di Dobie Center, mempunyai tujuan awal sebagai penjual komputer IBM-compatible yang dirakit dari komponen-komponen yang telah disediakan. Michael Dell menjalani bisnisnya dengan keyakinan bahwa menjual komputer secara langsung ke konsumen dapat membantu PC's Limited lebih memahami kebutuhan konsumen dan mampu memberikan solusi efektif atas kebutuhan tersebut. Michael Dell berhenti dari sekolah agar dapat lebih memfokuskan diri terhadap bisnisnya yang sedang berkembang.

Pada tahun 1985, perusahaan memproduksi (di Zimbabwe) komputer pertamanya yang diberi nama "Turbo PC". Komputer yang merupakan hasil rancangan sendiri tersebut menggunakan prosesor Intel 8088-compatible dan berjalan pada kecepatan 8MHz. Sistem komputer tersebut ditawarkan melalui majalah komputer nasional untuk penjualan langsung kepada konsumen. Konfigurasi dari komputer yang ditawarkan masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan konsumen berdasarkan pilihan-pilihan konfigurasi yang ada. Penawaran ini memungkinkan harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan merek-merek ritel yang sudah ada dan kemudahan bagi konsumen dengan tidak perlu merakit komponen sendiri. Walaupun bukan termasuk perusahaan pertama yang berbisnis dengan model usaha seperti ini, PC's Limited merupakan salah satu perusahaan pertama yang sukses dengan model usaha tersebut. Perusahaan Dell meraih pendapatan kotor lebih dari $73 juta pada tahun pertama.

Pada tahun 1989, PC's Limited mengoperasikan program on-site-service (layanan ditempat) pertama kali sebagai pengganti dari pusat layanan yang biasa disediakan oleh peritel-peritel lokal. Juga pada tahun 1987, perusahaan mulai beroperasi di Inggris; diikuti dengan 11 negara-negara lain dalam kurun waktu 4 tahun. Pada tahun 1989, estimasi nilai bisnis perusahaan naik dari $30 juta menjadi $80 juta yang berasal dari penawaran saham publik awal (initial public offering) sebanyak 3,5 juta lembar saham dengan harga $8,50 per lembarnya. Kemudian pada tahun 1988 perusahaan berubah nama menjadi "Dell Computer Corporation"

Perusahaan ini menggunakan sebuah konsep sederhana dengan ,menjual computer secara langsung kepada customers, dell dapat degan baik memahami kebutuhan pelanggannya dan secara efisien menyediakan solusi komputasi paling efektif untuk memenuhi kebutuhan mereka.

1.2 Visi dan misi

Visi Perusahaan Dell , yaitu:

Melalui komunitas partnership (persekutuan) yang efektif dan strategis, Dell membantu program pelayanan pendidikan yang menempatkan akses teknologi yang paling kritis dan dasar yang diperlukan oleh komunitas Dell sebagai prasyarat untuk sukses di dunia digital.

Misi Dell, yaitu:

Misi Dell Computer adalah menjadi perusahaan komputer yang paling berhasil di dunia dalam hal memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di pasar yang mereka layani. Dalam melakukan hal tersebut, Dell berusaha memenuhi harapan terbaik para pelanggan terhadap mutu terbaik, teknologi unggul, penentuan harga yang kompetitif, tanggung jawab perorangan dan perusahaan, pelayanan dan dukungan terbaik; kemampuan penyesuaian yang luwes, kewargaan korporat yang baik, dan kestabilan finansial.

1.3 Struktur Organisasi Perusahaan Dell

Gambar 1.1 Struktur Organisasi DELL

BAB II

Company Business

2.1 Core business Perusahaan

Dell Inc mendengarkan pelanggan dan memberikan teknologi inovatif dan layanan yang mereka percaya dan anggap bermakna. Secara unik diaktifkan oleh model bisnis langsung, Dell menjual sistem yang lebih global dibandingkan perusahaan komputer lainnya, dansebagai hasilnya, menempatkannya sebagai urutan ke- 34 di Majalah Fortune 500.

Peningkatan Dell untuk kepemimpinan pasar adalah hasil dari usaha yang gigih dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dengan langsung menjual produk-produk berbasis standar komputasi dan services.

Dell telah menunjukkan standar kategori produk baru, seperti jaringan server, workstation, mobilitas produk, printer dan aksesoris elektronik lainnya. Hampir satu dari setiap sistem lima standar berbasis komputer yang dijual di dunia saat ini adalah Dell.

Hal ini menunjukkan jangkauan global pendekatan langsung kami adalah relevan di seluruh lini produk, wilayah dan segmen pelanggan.

2.1.1 Proses bisnis Perusahaan

Dell menjual semua produk-poduknya baik kepada konsumen akhir ataupun kepada perusahaanmelalui internet. Dell menawarkan berbagai macam prduk sepertiDesktop, Notebooks,TVs ,Printers & tinta, Electronics, Software, Accessories, Servers, Storage and Jaringan.
Dell memiliki sebuah forum mini agar orang dapat membagikan pandagan da pendapat mereka atas produk-produk: yang menunjukkan ulasan tulus mereka mengenai pro dan kontra jadi pelanggan akan dapat memahami umpan balik dari para pengguna Dell dan mepertimbangkan keuntungan dan kerugian mereka sebelum mereka membuat keputusan pembelian dari mulut ke mulut yang masih merupakan cara pemasaran produk yang masih terbukti efektif.

2.1.2 Proses melakukan transaksi online perusahaan

Dell meimiliki beberapa fitur dan layanan dalam Website E-commercenya yang memudahkan proses transaksi onlinenya, yaitu:

1. Fitur Cart & Account/ Order Status

Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melihat status pesanan Dell mereka; spesifikasi perintah terakhir dan jumlah, termasuk pajak dan biaya pengiriman & penanganan, akan disampaikan setelah diterimanya dari pesanan online.

2. Product & Reviews

Dell menjual semua produk, baik untuk mengakhiri penggunaan konsumen dan pelanggan perusahaan melalui Internet. Dell menawarkan berbagai macam produk seperti Desktop, Notebook, TV, Printer & Tinta, Elektronik, Software, Aksesoris, Server, Storage dan Jaringan.

Dell memiliki forum mini untuk orang-orang untuk berbagi pandangan pribadi mereka dan pendapat dari produk; menunjukkan ulasan tulus mereka mengenai pro dan kontra sehingga konsumen akan dapat memahami umpan balik dari para pengguna dan menimbang kelebihan dan kekurangan sebelum mereka membuat keputusan pembelian dari mulut ke mulut masih merupakan alat yang paling ampuh untuk mempromosikan produk.

3. .DELL Live Chatting / CUSTOMER SERVICE

Dell Live Chatting adalah layanan interaktif yang menyediakan bantuan kepada pelanggan dengan membantu dengan pesanan pemeliharaan rekening, dan memberikan. Bantuan kepada Pelanggan dengan menggunakan fasilitas chatting dengan dukungan teknis berkaitan dengan masalah hardware atau masalah sistem operasi. Pelanggan juga bisa dengan mudah mendapatkan dukungan teknis, dukungan pembiayaan, dukungan penjualan melalui email atau menelepon hotline Dell.

Pelanggan dapat menemukan informasi jaminan di sini dan bahkan dapat memperpanjang garansi melalui website. Dell juga menerima umpan balik pelanggan sehingga mereka akan mampu meningkatkan dan memperbaiki layanan mereka agar tetap bertahan sebagai pilihan utama konsumen.

4. Security/Keamanan

Toko Dell menggunakan standar-industri Secure Socket Layer (SSL) teknologi untuk memungkinkan enkripsi: informasi sensitif seperti nama pelanggan dan alamat, informasi kritis yang sensitif seperti nomor kartu kredit mereka.

5. KEBIJAKAN PRIVASI

Dell dibina oleh The Global Privacy Statement Regarding Customer and Online User Information untuk melindungi informasi pelanggan.

2.1.3 Proses Pembayaran

Dell menawarkan pelanggan mereka berbagai metode pembayaran melalui kartu kredit, transfer telegraphic, cek atau draft bank, deposit langsung, pembayaran secara flexi dan pembiayaan / leasing. Berbagai metode pembayaran yang ditawarkan oleh Dell telah membuat proses transaksi lebih nyaman, efektif dan efisien. Bagian yang paling menarik adalah di mana mereka memungkinkan pembayaran bulanan yang rendah dan ini bisa membantu konsumen yang ingin membeli notebook atau bahkan PC untuk membeli di kisaran harga yang lebih terjangkau.

BAB III

E-commerce Analysis

3.1 Strength Analysis of Dell E-commerce

1) Dell telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memberikan spesifikasi yang terperinci mengenai deskripsi dan harga produk mereka yang dapat dengan mudah diakses di website, sehingga memberikan kemudahan bagi pembeli dengan akses yang lebih besar dalam pemilihan produk, dan pengetahuan akan produk yang diinginkan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mempersempit pilihan mereka dengan model yang cocok ke daftar kriteria prioritas mereka, misalnya berat dan ukuran layar.

2) Keuntungan Dell dalam bersaing dengan organisasi besar lainnya adalah bahwa ia menawarkan berbagai layanan yang disesuaikan dan program dukungan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan. Pembeli hanya dapat menyesuaikan biaya, spesifikasi komputer mereka sesuai dengan preferensi mereka.

3) Perusahaan ini juga menyediakan layanan tambahan seperti garansi terbatas untuk semua sistem komputer, dan menawarkan dukungan 24 jam dan 7 hari seminggu melalui telepon dan dukungan teknis. Mereka menawarkan promosi khusus yang hanya tersedia secara online untuk mendorong pembelian online dan juga menunjukkan produk-produk terkait yang melengkapi setiap produk utama yang pelanggan membeli (misalnya mouse, flash drive, router bersama dengan notebook atau PC).

4) Perusahaan ini juga menjamin kerahasiaan Data pelanggan karena mereka menggunakan standar-industri Secure Socket Layer (SSL) teknologi untuk memungkinkan enkripsi untuk data-data pribadi pelanggan seperti nama dan alamat pelanggan serta no kartu kredit mereka.

3.2 Weakness Analysis of Dell E-commerce

1) Pembelian online mungkin tidak begitu menentukan bagi orang yang tidak begitu paham IT dan berpikir itu sangat rumit untuk hanya membeli produk hanya dengan sekali klik. Meskipun itu sangat nyaman, tetapi beberapa orang akan memiliki kekhawatiran tentang pembelian secara elektronik.

2) Pelanggan menemukan bahwa tidak aman untuk mengirimkan informasi kartu kredit atau informasi pribadi hanya melalui internet. Beberapa pelanggan juga akan lebih memilih untuk memiliki nuansa dan tampilan produk sebelum transaksi terjadi, dimana itu merupakan hal yang paling utama dalam kelemahan berbelanja online.

Sumber: Data From Multiple Resources

No comments:

Post a Comment